Thursday, September 1, 2016

PELAJARAN MENARIK TENTANG PARAGRAF INDUKTIF ANALOGI DAN SEBAB AKIBAT

PELAJARAN MENARIK TENTANG PARAGRAF INDUKTIF ANALOGI DAN SEBAB AKIBAT       Hai sobat GUBUK BELAJAR berjumpalagi dengan saya. Pada malam hari ini saya akan berbagi contoh Paragraf Induktif Analogi dan Paragraf Induktif Sebab Akibat ni hehe. Ini sebenatnya tugas pelajaran Bahasa Indonesia ku sobat hehe selamat membaca ya hehe...

Paragraf Induktif Analogi
      Ibarat bunga mewar merah dengan warna yang mempesone. Sungguh indah dan anggun memikat lembut para lelaki untuk mengikuti/memetik dirinya yang indah itu. Tetapi dibalik keindahan itu terdapat duri yang tajam yang dapat membuat tangan terluka. Seperti halnya rayunan syetan yang penuh dengan keindahan tetapi membuat diri kita ini terperosok dalam siksa neraka yang begitu menyeramkannya. Berfoya-foya, mabuk-mabukan, pacaran itulah sedikit contoh rayuan syetan yang terasa enak/menyenangkan dan indah dalam diri seseorang, tetapi perlahan demi perlahan seseorang itu tak terasa akan terseret ke dalam lautan kesakitan dengan siksa kepedihan di hari pembalasan nanti.

Paragraf Induktif Sebab Akibat
       Hari demi hari hutan di Indonesia dilalap oleh keserakahan manusia. Manusia secara illegal menebang hutan besar-besaran untuk dijual di luar negeri, membakar hutan untuk membuka lahan dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan bencana yang besarjika tidak diimbangi dengan penghijauan kembali di tempat itu. Ketika musim penghujan dating, hutan yang dulunya rimbun kini menjadi gundul sehingga menyebabkan erosi (pengikisan tanah) di daerah itu. Jika hal tersebut dibiarkan akan membuat erosi yang lebih besar lagi sehingga terjadi tanah longsor maupun banjir di daerah sekitar. Penggundulan hutan baik dengan cara membakar hutan maupun penebangan secara besar-besaran tidak hanya merugikan manusia di sekitar daerah itu tetapi juga merugikan banyak hewan. Selain akan kehilangan tempat tinggalnya, hewan-hewan yang terancam punah akan menghadapi kebiinasaannya, dan yang terpenting dari kerusakan hutan akibat manusia yaitu hilangnya mata air sebagai air kehidupan bagi makhluk hidup di dunia ini. Padalah air adalah kebutuhan pokok bagi makhluk hidup. Jika air tidak ada maka terjadi kekeringan sehingga hewan, tumbuhan bahkan manusia akan sulit bertahan hidup.


     Owh iya untuk menambah kesan dekatnya kita sobat kita saling berbagi pendapat ya dengan menuliskan komentar di bawah ingi hehe komentar nya jangan nyepam ya sobatku agar saling memberikan kenyamanan hehe ciee kenyamanan cinta haha..

No comments:

Post a Comment